Kholfi Auladi, Fadlullah (2021) ANALISIS KINERJA PUTAR BALIK (U-TURN) DI JALAN LINGKAR SELATAN KOTA SUKABUMI. Other thesis, Nusa Putra University.
KHOLFI AULADI FADLULLAH_ts21.pdf
Download (450kB)
Abstract
Perkembangan kegiatan yang sangat pesat pada kondisi saat ini membawa dampak yang sangat besar pada perkembangan kebutuhan pergerakan dan pelayanan prasarana transportasi, kemacetan merupakan gejala konsekuensi logis dari bergesernya, keseimbangan antara permintaan pelayanan pergerakan dan sediaannya. Gangguan tersebut akan terasa sekali pada jaringan jalan perkotaan yang diperlihatkan dengan banyaknya titik rawan kemacetan dan tingginya angka
kecelakaan. Gejala persoalan tersebut salah satu penyebabnya adalah adanya titik konflik dan perlambatan pada saat ada kendaraan yang melakukan putaran balik arah (U-Turn) pada fasilitas bukaan median. Penyediaan fasilitas jalur untuk
melakukan putaran balik arah yang tidak menimbulkan konflik belum biasa terpenuhi disemua jaringan jalan, karena akan membutuhkan biaya yang sangat besar. Untuk memenuhi kebutuhan akan putaran balik arah lalu lintas maka
putaran balik arah U merupakan jawaban yang masih mungkin untuk saat ini. Akibatnya, seringkali mengakibatkan kemacetan yang membuat kemampuan kinerja fasilitas putar balik (U-Turn) tersebut semakin rendah, baik dari segi
kapasitas, derajat jenuh dan waktu tempuh kendaraan. Tingkat kinerja fasilitas putar balik (U-Turn) sebagai bagian dari jaringan prasarana lalu lintas secara keseluruhan menunjukan tingkat pelayanan yang disajikan bagi pengemudi sebagai pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat pelayanan jalan (Level of Service) fasilitas putar balik arah (U-Turn) pada ruas jalan jalur lingkar selatan. (2) Mengetahui waktu tempuh rata-rata aktifitas putar
balik kendaraan yang akan melakukan putaran balik arah (U-Turn). (3) Mengetahui presentase kendaraan terbesar pada aktifitas putar balik arah (UTurn). Dari hasil penelitian dan pembahasan pada fasilitas putar balik (U-Turn) Jl.
Lingkar Selatan Kota Sukabumi didapat lebar jalinan (WW) 7 meter, jumlah volume lalu lintas (Qtot) 1,860 smp/jam, kapasitas (C) 2,203 smp/jam, nilai derajat jenuh (DS) 0,84 , waktu tempuh rata-rata (TT) 30,6 det/smp. Berdasarkan hasil
penelitian, kinerja fasilitas putar balik (U-Turn) Jl. Lingkar Selatan kota Sukabumi memiliki tingkat pelayanan dengan kondisi volume lalu lintas mendekati tidak stabil, kecepatan masih dapat dikendalikan, V/C masih dapat
ditolelir.
Kata kunci: Fasilitas putar balik, U-Turn, Kapasitas jalan, Derajat Jenuh, MKJI
1997.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering, Computer and Design > Civil Engineering |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 02:46 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 02:46 |
URI: | http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/151 |