PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER BELAJAR DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI SUNGGAPAN

ANGGRAENI, LUNI (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER BELAJAR DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI SUNGGAPAN. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
LUNI Anggraeni PGSD22.pdf

Download (432kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada
materi Sumber energi di kelas 4 SDN Sunggapan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa pada
materi sumber energi di kelas 4 SDN Sunggapan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kuantitatif quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini
adalah siswa kelas 4 SDN Sunggapan serta sampel penelitian berjumlah 50 orang
siswa. Kelas A sebanyak 25 siswa yang dijadikan sebagai kelas kontrol yang
menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas B sebanyak 25 siswa
yang dijadikan kelas eksperimen yang menggunakan model PBL. Penelitian
dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan di kelas eksperimen dan 3 kali pertemuan di
kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes (pre-test
dan post-test) sejumlah 10 soal pre-test dan 10 soal post-test. Analisis penelitian
ini menggunakan uji Independent sample t test. Berdasarkan output data uji
independent sample T test menggunakan SPSS 22 , diketahui nilai sig. (2-tailed)
adalah 0,26 dan 0,27 > 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada
perbedaan rata-rata hasil beajar siswa antara kelas kontrol yang menggunakan
model belajar konvensional (ceramah) dengan kelas eksperimen yang
menggunakan model PBL di kegiatan proses belajar mengajar. maka terdapat
pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model PBL terhadap hasil belajar
siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada materi sumber energi di
kelas 4 SDN Sunggapan dengan menggunakan model PBL lebih efektif dengan
nilai rata-rata kelas yaitu 79,20 dibandingkan dengan menggunakan metode
ceramah dengan nilai rata-rata kelas 74,80.
Kata Kunci : PBL, hasil belajar, sumber energi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 13 Nov 2022 08:03
Last Modified: 13 Nov 2022 08:03
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item
View Item