DAMPAK PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN CISAAT GADIS

ALIYA WAKAN, DEBI LISANA SHIDQI (2022) DAMPAK PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN CISAAT GADIS. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
DEBI LISANA SHIDQI A.W PGSD22.pdf

Download (614kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan
pembelajaran dengan pendekatan Saintifik yang dilakukan oleh guru kelas V
dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa
Indonesia di kelas V SDN Cisaat Gadis, Kecamatan Cisaat, Kabupaten
Sukabumi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan tiga Teknik
pengumpulan data. Pertama, observasi ke SDN Cisaat Gadis. Kedua,
dokumentasi hasil observasi. Ketiga, wawancara kepada informan yang telah
ditentukan, yaitu guru kelas V, Kepala Sekolah, dan siswa dari SD tersebut.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Pendekatan Saintifik sangat
berpengaruh besar dalam pembelajaran tematik disekolah ini, khususnya pada
muatan Bahasa Indonesia. Mengingat, karakter peserta didik di SD Cisaat
Gadis ini sangat aktif dalam bertanya saat pembelajaran berlangsung maka
penggunaan Pendekatan Saintifik ini merupakan hal yang tepat. Meskipun
pada kenyataannya ada kendala dalam melaksanakan pendekatan tersebut. Di
antaranya karakteristik peserta didik yang berbeda-beda, tidak semua peserta
didik aktif, di antara mereka ada yang pasif atau pemalu. Peserta didik yang
pemalu ini sulit untuk diarahkn mengikuti pembelajaran sesuai dengan apa
yang telah direncanakan.

Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Bussiness and Humanities > Elementary Teacher Education
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 15 Mar 2023 06:51
Last Modified: 15 Mar 2023 06:51
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item
View Item