PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI SEMPER BARAT

NURFAUZI, NAUFAL RUSYDY (2022) PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI SEMPER BARAT. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Naufal Rusydy Nurfauzi MNJ22.pdf

Download (609kB)

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah sebuah kekuatan yang
sangat berkontribusi dalam pembangunan ekonomi daerah dan pendapatan
masyarakat. Pergerakan UMKM di suatu daerah harus terus berjalan dengan cara
memperhatikan pekerbangan dari pelaku UMKM. Keberhasilan suatu usaha untuk
dapat bersaing terdapat pada kemampuan dalam berpikir secara strategis dan
inovatif dengan cara memperhatikan orientasi pasar, kewirausahaan, inovasi
produk serta keunggulan bersaing yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap
Inovasi Produk dan Keunggulan bersaing pada pelaku UMKM makanan dan
minuman di semper barat Jakarta utara. Penelitian ini berdasarkan temuan
penurunan pendapatan usaha yang terjadi akibat dari pandemi Covid-19 yang
berdampak negative bagi pelaku UMKM di kelurahan Semper Barat, Kecamatan
Cilincing, Jakarta Utara. data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu data
primer dan data sekunder yang di dapatkan melalui jawaban kuisioner yang di
sebarkan kepada pelaku usaha makanan dan minuman dan data sekunder
didapatkan secara tidak langsung melalui perantara dan media. Pengolahan data
mengunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengam menggunakan
metode Partial Least Square (PLS) penelitian ini memperoleh hasil yaitu orientasi
pasar berpangur positif dan signifikan terhadap inovasi produk, orientasi pasar
mempunyai pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing,
inovasi produk dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh orientasi
kewirausahaan. orientasi kewirausahaan mempunyai pengaruh positif tetapi tidak
signifikan terhadap keunggulan bersaing. keunggulan bersaing dipengaruhi secara
positif dan signifikan oleh inovasi produk.

kata kunci : orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi produk, keunggulan
bersaing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Bussiness and Humanities > Management
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:54
Last Modified: 09 Jan 2023 02:54
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

View Item
View Item