IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK SENTIMEN ANALiSIS REVIEW PRODUK PADA ECOMMERCE LAZADA

RUSYANTI, DINDA (2022) IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK SENTIMEN ANALiSIS REVIEW PRODUK PADA ECOMMERCE LAZADA. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
DINDA Rusyanti Si22.pdf

Download (874kB)

Abstract

Perkembangan teknologi banyak memberikan dampak positif dan negatif
bagi dunia, salah satunya dalam dunia bisnis, apalagi sejak adanya pandemi
Covid-19 yang memaksa setiap orang untuk mengurangi aktivitasnya di luar
rumah. E-commerce menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan hidup
di masa pandemi ini. Lazada merupakan salah satu E-Commerce di Indonesia
yang sudah memiliki banyak pengguna. Dengan adanya E-Commerce seperti
Lazada memudahkan konsumen untuk membeli barang tanpa harus pergi ke toko
atau marketplace. Namun, beberapa orang memanfaatkan situasi untuk melakukan
kejahatan. Seperti pada beberapa kasus dalam jual beli online dimana seorang
individu menjual barang yang tidak sesuai dengan gambar atau deskripsi yang
telah dia cantumkan di dalam aplikasi sehingga konsumen merasa dirugikan
karenanya. Dengan disampaikannya review konsumen, mereka dapat memberikan
keluhan atau tanggapan terhadap produk yang telah mereka beli di Lazada. Dalam
penelitian ini akan dilakukan analisis sentimen terhadap review Lazada dengan
2039 data acak yang diambil pada tahun 2021. Data yang dianalisis adalah kalimat
dalam bahasa Indonesia. Preprocessing pada penelitian ini terdiri dari beberapa
tahapan yaitu cleansing, tokenizing, filtering, dan stopword. Penelitian ini
menggunakan algoritma klasifikasi Naive Bayes. Penelitian ini berhasil
menunjukkan topik apa yang paling terkait dengan ulasan Lazada, terutama pada
produk kecantikan dengan brand Scarlett Body Lotion dalam bentuk wordcloud
dan pemodelan topik. Penelitian ini juga berhasil menampilkan hasil pengolahan
data berupa distribusi widget, scatter plot, dan boxplot. Dengan adanya penelitian
ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para penjual produk di Lazada dan
dapat menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen di Lazada sebelum membeli
produk tersebut. serta memberikan referensi untuk calon penjual di Lazada dalam
memilih produk yang akan dijadikan bahan bisnis.

(Kata Kunci : E-Commerce, Review, Penelitian)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > Computer Science > Information System
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:59
Last Modified: 28 Nov 2022 07:59
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item
View Item