EFEKTIVITAS MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG DI KELAS II

ASALAMAH, SITI BARKAH (2022) EFEKTIVITAS MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG DI KELAS II. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SITI BARKAH ASALAMAH_PGSD22.pdf

Download (708kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai siswa dalam pembelajaran
matematika pada materi operasi hitung di kelas II. Salah satu penyebab kurangnya
hasil belajar siswa yang digunakan yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan
penugasan, metode ini kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat
langsung dalam proses pembelajaran karena siswa hanya menjadi pendengar setia
ceramah yang disampaikan sehingga siswa menjadi monoton ketika melakukan
pembelajaran di dalam kelas. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan
menggunakan model pembelajaran. Salah satunya model example non example.
Model pembelajaran example non example merupakan model yang menggunakan
media gambar dalam penyampian materi pembelajaran yang bertujuan mendorong
siswa untuk belajar berpikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahanpermasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar yang disajikan.
Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model example non
example terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung di kelas II. Populasi
penelitian ini siswa SDN Ciabad dan siswa SDN Longkewang. Sampel yang
digunakan yaitu siswa kelas II SDN Ciabad yang terdiri dari 25 siswa dan siswa
SDN Longkewang yang terdiri dari 26 siswa dengan teknik purposive sampling.
Pendekatan metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis
quasi eksperimen yang dilakukan ke 2 kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
Uji-t. Hasil dari penelitian ini sesuai dasar pengambilan keputusan dalam Uji
Independent Sampel t-Test ternyata sig-nya mendapat 0,000 berarti: 0,000 < 0,025
maka Ha diterima, yang artinya bahwa ada pengaruh model example non example
terhadap hasil belajar. Dengan selisih mean antar kedua data adalah 27,142
(eksperimen = 77,68 dan kontrol = 50,54) yang berarti model example non example
lebih berpengaruh terhadap metode ceramah, tanya jawab dan penugasan.

Kata Kunci : Model pembelajaran example non example, Hasil belajar, Operasi
hitung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Bussiness and Humanities > Elementary Teacher Education
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 13 Nov 2022 10:20
Last Modified: 13 Nov 2022 10:20
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item
View Item