PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SDN BANTARBADAK DAN SDN 3 CIBADAK

Amalia, Rosa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SDN BANTARBADAK DAN SDN 3 CIBADAK. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ROSA PGSD22.pdf

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran matematika di kelas II. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena
metode yang digunakan oleh guru hanya menggunakan metode ceramah. Metode
ceramah tersebut membuat siswa merasa jenuh dan bosan saat pembelajaran
berlangsung. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan
model pembelajaran. Sebagaimana yang peneliti terapkan yaitu model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and
Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas II. Penelitian
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode
eksperimen yang digunakan yaitu quasi eksperimen tipe nonequivalent control
group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa di SD
Negeri Bantarbadak sebagai kelas eksperimen dan di SD Negeri 3 Cibadak
sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian adalah siswa kelas II di SD Negeri
Bantarbadak yang berjumlah 29 siswa dan siswa kelas II di SD Negeri 3 Cibadak
yang berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar
observasi siswa dan tes. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes,
dan dokumentasi. Analisis data diambil dari hasil pretest-posttest siswa. Hasil
analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji mann
whitney, dan uji normalitas gain (N-Gain). Hasil perhitungan dengan
menggunakan SPSS versi 21 menggunakan uji mann whitney memperoleh hasil
Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 data dapat dinyatakan signifikan.
Melalui data tersebut, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima yang
artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
(CTL) terhadap hasil belajar siswa di kelas II.

Kata Kunci : Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Hasil belajar, Matematika, Materi satuan panjang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 13 Nov 2022 08:09
Last Modified: 13 Nov 2022 08:09
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item
View Item