PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV SDN RAMBAY KULON

Setiawati, Lastri (2022) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DI KELAS IV SDN RAMBAY KULON. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
LASTRI PGSD22.pdf

Download (340kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa
pada kelas IV di SDN Rambay Kulon. Hasil observasi saya selama PPL di SDN
Rambay Kulon yang dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2021 dan 3 Juni 2021,
ternyata terdapat salah satu kelas yaitu kelas IV yang keaktifan siswanya kurang
terlihat. Mengantisipasi masalah tersebut, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas
untuk meningkatkan keaktifan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (action research) dengan model penelitian yang direncanakan dari
beberapa 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 1) tahap
perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap pengamatan (observasi), dan 4)
tahap refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Rambay
Kulon, sedangkan objek penelitian adalah menggunakan model pembelajaran
Picture And Picture. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and
Picture dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Dengan nilai pada pra
siklus skor nilai keaktifan siswa sebesar 2,2 % dengan kategori “kurang aktif”,
kemudian pada siklus I meningkat sebesar 0,9% maka skor nilai keaktifan
belajar siswa naik menjadi 3,1 % dengan kategori “cukup aktif”, dan meningkat
1% pada siklus II dengan skor nilai keaktifan belajar siswa menjadi 4,1 %
dengan kategori “aktif”. Maka hasil penelitian di Kelas IV SDN Rambay Kulon
telah tercapai dengan baik.

Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran, Picture And Picture

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Bussiness and Humanities > Elementary Teacher Education
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:19
Last Modified: 11 Nov 2022 07:19
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item
View Item