PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS V

YULlANTI, KARINA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG KELAS V. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
KARINA_PGSD22.pdf

Download (756kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil belajar matematika siswa yang masih rendah ditinjau dari hasil belajar siswa kelas V SDN Bantarbadak yang menunjukan bahwa 20 dari 30 orang siswa belum mencapai KKM. Hal ini penting diteliti untuk mencari resolusi dari permasalahan yang terjadi. Model pembelajaran STAD ini merupakan model pembelajaran yang menekankan pada aktivitas dan interaksi siswa, sehingga model ini akan cocok digunakan dalam pembelajaran matematika yang dianggap sulit dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inplementasi
model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas V serta untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran STAD dalam mempengaruhi hasil belajar siswa materi bangun ruang kelas V di SDN Bantarbadak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group pretest posttest design dengan populasi penelitian yaitu peserta didik SDN Bantarbadak. Sample penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas V SDN Bantarbadak dengan tekhnik sampling yang digunakan adalah purvosive sampling. Teknik pengumpulan
data terdiri dari sumber primer berupa test dan observasi sedangkan sumber sekunder meliputi dokumentasi dan studi pustaka. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu Uji-t, dan Uji N-Gain, penelitian ini juga melakukan uji validitas
instrument tes. Hasil penelitian menunjukan Ho ditolak dan H1 diterima artinya
adanya pengaruh penerapan model STAD terhadap hasil belajar siswa materi
bangun ruang di SDN Bantarbadak dengan katageri cukup efektif berdasarkan uji
N-gain skor yaitu sebesar 74,7410 atau 74,7%.

Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar, Materi Bangun Ruang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Bussiness and Humanities > Elementary Teacher Education
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:55
Last Modified: 11 Nov 2022 06:55
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item
View Item