PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN CIBADAK

PUTRI, CANTIKKA SILVANA (2022) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN CIBADAK. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Cantikka Silvana Putri PGSD22.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil
Belajar IPA Sekolah Dasar se-Kecamatan Cibadak.” Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar IPA. Jenis
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode ex-post facto.
Populasi penelitian ini adalah guru kelas IV di 48 Sekolah Dasar se-Kecamatan
Cibadak. Sampel penelitian adalah 8 guru kelas IV di 5 Sekolah Dasar Kecamatan
Cibadak yang ditentukan dengan teknik random sampling. Metodologi
pengumpulan data yang digunakan yaitu skala dan studi dokumen. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 23.0 for Windows.
Berdasarkan analisis uji normalitas diperoleh nilai Sig. 0.156 > 0.05 yang artinya
data tersebut berdistribusi normal. Hasil analisis uji linearitas diperoleh nilai Sig.
0.594 > 0.05 sehingga dapat dikatakan bahwa ada hubungan linear secara
signifikan antara variabel gaya mengajar guru dengan variabel hasil belajar IPA.
Adapun hasil analisis regresi linear sederhana adalah adanya pengaruh antara gaya
mengajar guru terhadap hasil belajar IPA.
Kata Kunci : Pengaruh, Gaya Mengajar Guru, Hasil Belajar, IPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Bussiness and Humanities > Elementary Teacher Education
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 13 Oct 2022 10:24
Last Modified: 13 Oct 2022 10:24
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/365

Actions (login required)

View Item
View Item