STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KENDALA MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I SD

GUNAWAN, YOSEP (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KENDALA MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I SD. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Yosep Gunawan PGSD22.pdf

Download (461kB)

Abstract

Skripsi dengan judul " Strategi Guru Dalam Mengatasi Kendala Membaca Dan
Menulis Permulaan Siswa Kelas I SD ". Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi
oleh banyaknya siswa yang masih kesulitan membaca menulis permulaan di SD02
Karangtengah. Penyebabnya yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan, motivasi
belajar, dan metode guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini
berfokus pada penyebab kesulitan siswa dalam membaca menulis permulaan dan
upaya yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan guru untuk
mengatasi kesulitan siswa dalam membaca menulis permulaaan pada kelas 1.
Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk
memperoleh data mengenai sikap siswa, kegiatan siswa sebelum belajar, sedaang
belajar dan sesudah pembelajaran. Wawancara digunakan untuk memperoleh data
tentang faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dan upaya yang telah
dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca menulis permulaan.

Kata kunci: kesulitan siswa, membaca menulis, upaya guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Bussiness and Humanities > Elementary Teacher Education
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 16 Mar 2023 02:36
Last Modified: 16 Mar 2023 02:36
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item
View Item