UPAYA GURU DALAM MENGATASI PERMASALAHAN ANAK KELAS 1 SD BERKAITAN DENGAN KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN

SARIPAH, HANI (2022) UPAYA GURU DALAM MENGATASI PERMASALAHAN ANAK KELAS 1 SD BERKAITAN DENGAN KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
HANI SARIPAH PGSD22.pdf

Download (444kB)

Abstract

Skripsi dengan judul " Usaha Guru Dalam Mengatasi Permasalahan Anak Kelas 1 Sd
Berkaitan Dengan Kesulitan Membaca Dan Menulis Permulaan ". Penelitian dalam
skripsi ini di latar belakangi oleh banyaknya siswa yang masih kesulitan membaca
menulis permulaan di SD02 Karang tengah. Penyebabnya yaitu faktor keluarga, faktor
lingkungan, motivasi belajar, dan metode guru dalam pembelajaran. Oleh
karena itu penelitian ini berfokus pada penyebab kesulitan siswa dalam membaca
menulis permulaan dan upaya yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran maupun
diluar pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa yang
dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam membaca menulis permulaaan
pada kelas 1. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Observasi
digunakan untuk memperoleh data mengenai sikap siswa, kegiatan siswa sebelum
belajar, sedaang belajar dan sesudah pembelajaran. Wawancara digunakan untuk
memperoleh data tentang faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dan upaya
yang telah dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca menulis
permulaan.

Kata kunci: kesulitan siswa, membaca menulis, upaya guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Bussiness and Humanities > Elementary Teacher Education
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:03
Last Modified: 15 Mar 2023 07:03
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item
View Item