FAISAL, NANDIKA (2022) APLIKASI PELAYANAN TERPADU BAGI KONSUMEN PDAM CICURUG BERBASIS ANDROID. Other thesis, Nusa Putra.
Nandika Faisal TI22.pdf
Download (693kB)
Abstract
Pelayanan merupakan indikator penting dari suatu perusahaan maupun
kelembagaan dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan, dalam prakteknya
dibutuhkan layanan prima sebagai penunjang dalam pelayanan yang interaktif
terhadap respon keinginan para pelanggan, sehingga akan memberikan kesan baik
terhadap pelanggan. Guna menunjang peningkatan pelayanan publik bagi
pelanggan yang diberikan oleh PDAM Cicurug, maka diperlukan sebuah sistem
yang terintegrasi dengan baik yang dapat memaksimalkan kinerja pelayanan
pelanggan PDAM. Maka penelitian bertujuan membangun sebuah sistem yang
dapat membantu pelayanan publik secara mudah dalam penyampaian informasi,
pendaftaran pelanggan baru, menyampaikan keluhan dan mengecek info tagihan
pelanggan yang diimplementasikan di PDAM Cicurug. Dalam rangka mendukung
pembuatan aplikasi ini, maka dilakukan pengumpulan data yang di ambil di
wilayah kerja Cicurug, studi literatur sebagai penunjang teori penyelesaian
masalah, metode perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language
(UML) dan metode pengembangan sistem yang menggunakan Rapid Application
Development (RAD) yang diimplementasikan pada aplikasi berbasis web dengan
memanfaatkan bahasa pemrograman Dart dengan Framework Flutter dan Firebase
sebagai database.
Kata Kunci: Informasi, Pendaftaran, Pengaduan, Tagihan, Android.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > Computer Science > Informatic Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering, Computer and Design > Informatic Engineering |
Depositing User: | LIU Library Unit |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 03:35 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 03:35 |
URI: | http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/535 |