APLIKASI PELAYANAN TERPADU BAGI KONSUMEN PDAM CICURUG BERBASIS ANDROID

FAISAL, NANDIKA (2022) APLIKASI PELAYANAN TERPADU BAGI KONSUMEN PDAM CICURUG BERBASIS ANDROID. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Nandika Faisal TI22.pdf

Download (693kB)

Abstract

Pelayanan merupakan indikator penting dari suatu perusahaan maupun
kelembagaan dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan, dalam prakteknya
dibutuhkan layanan prima sebagai penunjang dalam pelayanan yang interaktif
terhadap respon keinginan para pelanggan, sehingga akan memberikan kesan baik
terhadap pelanggan. Guna menunjang peningkatan pelayanan publik bagi
pelanggan yang diberikan oleh PDAM Cicurug, maka diperlukan sebuah sistem
yang terintegrasi dengan baik yang dapat memaksimalkan kinerja pelayanan
pelanggan PDAM. Maka penelitian bertujuan membangun sebuah sistem yang
dapat membantu pelayanan publik secara mudah dalam penyampaian informasi,
pendaftaran pelanggan baru, menyampaikan keluhan dan mengecek info tagihan
pelanggan yang diimplementasikan di PDAM Cicurug. Dalam rangka mendukung
pembuatan aplikasi ini, maka dilakukan pengumpulan data yang di ambil di
wilayah kerja Cicurug, studi literatur sebagai penunjang teori penyelesaian
masalah, metode perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language
(UML) dan metode pengembangan sistem yang menggunakan Rapid Application
Development (RAD) yang diimplementasikan pada aplikasi berbasis web dengan
memanfaatkan bahasa pemrograman Dart dengan Framework Flutter dan Firebase
sebagai database.

Kata Kunci: Informasi, Pendaftaran, Pengaduan, Tagihan, Android.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > Computer Science > Informatic Engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Computer and Design > Informatic Engineering
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:35
Last Modified: 15 Feb 2023 03:35
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item
View Item