PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, ONLINE TRUST DAN PRICE PADA MINAT BELI MARKETPLACE DI INDONESIA

Naomi, Intan Prilia (2022) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, ONLINE TRUST DAN PRICE PADA MINAT BELI MARKETPLACE DI INDONESIA. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Intan Prilia Naomi_MNJ22.pdf

Download (634kB)

Abstract

Perkembangan dan kemajuan internet yang sedemikian pesat memunculkan
pergeseran perilaku konsumen yaitu konsumen yang mulai tertarik akan belanja
online. Kelebihan yang di berikan oleh belanja online menjadi alasan utama dari
adanya pergeseran perilaku konsumen dari belanja secara konvensional ke online
namun selain kelebihan yang di peroleh, terdapat juga hal yang menyebabkan
konsumen tidak melakukan belanja online ini, yaitu terdapat perbedaan sekaligus
risiko yang dialami konsumen. Perbedaan yang dimaksud terletak pada
kemampuan konsumen dalam menilai produk yang di minatinya yang berujung
pada keputusan pembelian. Untuk itu perlu diketahui faktor apa saja yang dapat
memengaruhi minat beli konsumen hingga dapat menimbulkan fenomena
peningkatan tren belanja online di Indonesia, khusunya ditinjau dari variabel
online customer review, online customer rating, online trust, dan price. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh pengguna online marketplace di Indonesia, teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 210 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner
online yang telah di uji instrumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk
menjawab hipotesis adalah dengan uji parsial dan simultan dengan bantuan regresi
berganda menggunakan program Software Statistical Product and Service
Solution (SPSS) 25. Temuan dalam penelitian ini diketahui bahwa online
customer review, online customer rating, online trust, dan price berpengaruh
positif dan signifikan pada minat beli marketplace di Indonesia, baik secara
parsial maupun simultan.

Kata Kunci : Minat beli, Online customer rating, Online customer review,
online trust, price.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Bussiness and Humanities > Management
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:53
Last Modified: 03 Jan 2023 06:53
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item
View Item