IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yuthika, Ghaida (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Nusa Putra.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa
kelas IV SDIT Ad-Da’wah Cibadak. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan
untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDIT Ad-Da’wah
dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Jenis
penelitian yang akan digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggnakan
pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki tujuan utama guna
meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe make a match dalam pelajaran matematika pada materi pengolahan
data di kelas IV SDIT Ad-Da’wah Cibadak Kabupaten Sukabumi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Ad-Da’wah yang terdiri dari 20 siswa
dengan komposisi 10 orang laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Pelaksanaan
penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan dokumentasi,
wawancara, tes dan observasi. Keberhasilan belajar dalam penelitian ini yaitu
hasil belajar yang diperoleh siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimun
(KKM). Hasil penelitian yang diperoleh pada kegiatan pra siklus rata-rata 64,1
dengan persentase 30% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan siklus
I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 66,5 dan persentase ketuntasannya adalah
45% dengan kategori cukup dari jumlah keseluruhan siswa 20 orang diantaranya
siswa yang tuntas berjumlah 9 orang, dan yang tidak tuntas berjumlah 11 orang.
Lalu meningkat dengan signifikan pada siklus II dengan rata-rata 92dan
persentase 95% dengan kategori sangat baik dari jumlah keseluruhan siswa 20
orang diantaranya siswa yang tuntas sebanyak 19 orang dan siswa yang tidak
tuntas sebanyak 1 orang.
Kata kunci : model make a match, hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Bussiness and Humanities > Elementary Teacher Education
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:29
Last Modified: 31 Oct 2022 07:29
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item
View Item