PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN PASIR HAUR

Nurjanah, Eris (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN PASIR HAUR. Other thesis, Nusa Putra.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil prasurvei di kelas IV SDN Pasir Haur Kecamatan Kabandungan Kabupaten
Sukabumi diperoleh data bahwa masih rendah, hasil belajar siswa pada mata pembelajaran IPA. Tujuan
utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi sumber energi alternatif dengan
menggunakan penerapaan model pembelajaraan Cooperative Tipe Picture And Picture di kelas IV SDN
Pasir Haur Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi tahun pembelajaran 2021/2022.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaraan Cooperative
Tipe Picture And Picture dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sumber energi alternatif siswa
di kelas IV SDN Pasir Haur.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas
(PTK). Penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN Pasir Haur dengan jumlah subjek 22
siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunkan dokumentasi,
wawancara, tes, dan observasi. Keberhasilan belajar dalam penelitian ini yaitu hasil belajar yang
diperoleh siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM).
Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut : Dalam penerapan model pembelajaraan
Cooperative Tipe Picture And Picture terdapat peningkatan hasil belajar siswa disetiap siklusnya, ini bisa
dibuktikan meningkat persentase siswa hasil belajar non tes pra siklus, siklus I, dan siklus II. Presetase
pra siklus 22,72,% dimana hasil belajar siklus I mengalami peningkatan 54,54%, dan pada siklus II
mengalami peningkatan lagi menjadi 81,81%. Siswa juga lebih tertarik pada pelajaran, ketidak tuntasan
siswa disebakan karna ada 2 orang siswa tidak berkonsentrasi tidak memperhatikan dengan benar, hal ini
disebabkan karena siswa tersebut termasuk ke dalam siswa lambat belajar di kelas peneliti dan guru kelas
menyimpulkan siswa tersebut perlu bimbingan.

Kata kunci : Model Pembelajaran, Cooperative, Picture And Picture

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Bussiness and Humanities > Elementary Teacher Education
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 13 Oct 2022 10:45
Last Modified: 13 Oct 2022 10:45
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item
View Item