DAMPAK PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METACOGNITIVESCAFFOLDING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III SD NEGERI LEMBURSAWAH 1

RAHMA, AULIA (2022) DAMPAK PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METACOGNITIVESCAFFOLDING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III SD NEGERI LEMBURSAWAH 1. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
AULIA RAHMA_PGSD22.pdf

Download (643kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada dampak penerapan strategi pembelajaran metacognitive-scaffolding
yang merupakan suatu strategi pembelajaran yang membantu siswa untuk melibatkan kemampuan
metakognisinya dalam proses dan hasil pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan numerasi
siswa, mengingat masih kurangnya pemahaman siswa terhadap kemampuan numerasinya. Hal
tersebut sangat disayangkan karena kemampuan numerasi memiliki peranan yang sama pentingnya
dengan kemampuan literasi. Melalui kemampuan numerasi ini siswa diharapkan mampu
mengaplikasikan dan memecahkan berbagai konsep matematis dalam kehidupan sehari-hari. Jenis
penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data yang
digunakan adalah melalui, angket, pre-test, post-test, dan studi dokumen. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi pembelajaran metacognitive-scaffolding untuk
meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas III SD Negeri Lembursawah 1. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran
metacognitive-scaffolding, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 59,1 yang termasuk kategori
Kurang, sedangkan setelah pelaksanaan tindakan melalui strategi pembelajaran metacognitvescaffolding menunjukkan peningkatan yang dapat dilihat dari hasil post-test siklus 2 dengan nilai
rata-rata 70,2 dengan kategori Baik. Sementara itu pada pre-test siklus 1, jumlah siswa yang belum
tuntas sebanyak 19 dari 42 siswa dengan 16 siswa masuk kategori Kurang dan 3 lainnya masuk
kategori Sangat Kurang. Peningkatan hasil belajar siswa pun berlanjut dengan jumlah siswa yang
belum tuntas hanya sebanyak 3 dari 42 siswa dengan kategori Kurang setelah pelaksanaan posttest siklus 2

Kata Kunci: metacognitive, scaffolding, strategi pembelajaran, kemampuan numerasi, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Bussiness and Humanities > Elementary Teacher Education
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 13 Oct 2022 10:16
Last Modified: 13 Oct 2022 10:16
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item
View Item