Firgia, Listra and Muslih, Muhamad and Pratama, Aditya (2022) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASYARAKAT DI DAERAH PERBATASAN STUDI KASUS DESA CIPTA KARYA. Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 8 (2).
RTN-LISTRA.pdf
Download (1MB)
Abstract
Sistem pengaduan masyarakat di Desa Cipta Karya saat ini masih dilakukan secara manual
melalui mulut ke mulut, surat dan kotak saran. Sistem pengaduan secara manual ini juga
menimbulkan kebingungan bagi masyarakat setempat terhadap sistem pengaduan yang dibuat
oleh pejabat yang berwenang. Sistem pengaduan secara manual dapat menimbulkan
kehilangan dan kerusakan data pengaduan masyarakat. Oleh karena itu, penerapan teknologi
dimanfaatkan sebagai upaya peningkatan layanan pengaduan masyarakat berbasis online.
Proses implementasi sistem informasi pengaduan masyarakat menggunakan Rapid Application
Development (RAD) terdiri dari tiga (3) tahapan diantaranya, perencanaan, desain sistem dan
implementasi. Impelementasi sistem informasi pengaduan masyarakat di Desa Cipta Karya
memberikan kemudahan bagi masyarakat Desa Cipta Karya, sehingga penyampaian
permasalahan yang berkaitan dengan Desa Cipta Karya dapat langsung diterima oleh yang
bersangkutan. Pengelolaan data pengaduan menjadi lebih baik, efektif, efisien dan transparan.
Selain itu metode penyimpanan data yang telah terintegrasi dengan database menghasilkan
data yang lebih aman dari kerusakan dan kehilangan data.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Computer > Information System |
Divisions: | Faculty of Engineering, Computer and Design > Information System |
Depositing User: | LIU Library Unit |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 03:42 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 03:42 |
URI: | http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/291 |