PENGARUH GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR PADA ANAK-ANAK

Yustiana, Marisca and Saeni, Saeni and Muslih, Muhamad (2020) PENGARUH GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR PADA ANAK-ANAK. In: Seminar Nasional Informatika 2020 (SEMNASIF 2020.

[thumbnail of Proceeding] Text (Proceeding)
Proseding-SEMNASIF-RISPA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Pengaruh gadget memiliki dampak yang positif atau pun negative tergantung kemampuan pemakainya, tanpa terkecuali anak-anak. Penggunaan gadget bahkan sudah mulai mempengaruhi anak-anak. Dampak dalam penggunaan gadget ini ternyata berpengaruh
langsung pada mental dan perkembangan anak, tidak hanya berpengaruh pada tumbuh kembang anak, gadget juga berpengaruh besar terhadap minat belajar pada anak-anak. Oleh karena itu peran orang tua sangatlah penting untuk memantau anak-anak dalam menggunakan gadget. Penelitian ini akan menunjukan seberapa besar pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar pada anak yang terdiri dari dua bidang yaitu bidang kognitif dan afektif, apakah pengaruh yang diberikan memiliki dampak yang positif atau negative. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengambilan data menggunakan kuesioner, pengolahan data, analisis data dan interpretasi data. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa
pengaruh gadget memiliki dampak yang tidak baik untuk aspek kognitif dan afektif terhadap minat belajar pada anak-anak.

Kata kunci : Pengaruh gadget, metode kuantitatif deskriptif, aspek kognitif, aspek afektif

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Computer > Information System
Divisions: Faculty of Engineering, Computer and Design > Information System
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:53
Last Modified: 05 Oct 2022 04:53
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/263

Actions (login required)

View Item
View Item