PERANCANGAN POSTER POP UP MEDIA KAMPANYE WAYANG SUKURAGA KOTA SUKABUMI

Badar, Amarulloh (2022) PERANCANGAN POSTER POP UP MEDIA KAMPANYE WAYANG SUKURAGA KOTA SUKABUMI. Other thesis, Nusa Putra.

[thumbnail of skripsi] Text (skripsi)
BADAR AMARULLOH _DKV22.pdf

Download (402kB)

Abstract

Wayang Sukuraga belum banyak dikenal oleh masyarakat Kota Sukabumi dan dikenal oleh daerah luar Sukabumi hal ini ditunjukan dari hasil wawancara sukabumiupdate bersama Effendi Sukuraga dan Walikota Sukabumi, pada saat itu Bapak Muraz. Dalam suatu perkembangan kesenian tradisional Wayang Sukuraga
dapat berkembang dan terjaga kelestariannya tentunya terdapat usaha yang dilakukan baik itu para seniman maupun pihak pemerintah setempat dan masyarakat Kota Sukabumi. poster pop up merupakan sebuah karya tiga dimensional pada poster untuk memberikan penjelasan yang lebih realistik. Pada jenis kampanye yang penulis ambil yaitu ideologically or cause oriented campaign dalam kampanye jenis ini biasa disebut social change campaign yaitu kampanye yang ditujukan untuk menangani masalah sosial di masyarakat. dalam hal ini Wayang Sukuraga Diangkat dan dikampanyekan melalui media poster Pop Up serta menggunakan jenis kampanye sosial. Pada tahap ide dan konsep penulis mencari referensi yang kemudian di konsepkan lalu proses perancangan poster dilakukan dan menggunakan metode dektriptif kualitatif, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci teknik pengumpulan data dilakukan secara trigulasi (gabungan),
analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif. Pada kajian ini merupakan kajian yang membahas tentang Perancangan Poster Pop Up Media Kampanye Wayang Sukuraga Kota Sukabumi dengan menggunakan data
dari observasi, wawancara dan Angket. Karya yang penulis buat yaitu ada lima poster yang berupa poster pop up dengan ukuran A1 yang terdiri dari tiga layer (layar utama background, layer kedua objek sedang dan layer ketiga objek kecil) pada tahapan layer ini menjadikanya poster yang tampak timbul, yaitu yang disebut poster pop up.

Kata Kunci: Wayang Sukuraga, Poster Pop Up, Kampanye, Masyarakat Kota
Sukabumi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Design > Visual Communication Design
Divisions: Faculty of Engineering, Computer and Design > Visual Communication Design
Depositing User: LIU Library Unit
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:12
Last Modified: 18 Aug 2022 02:12
URI: http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item
View Item